Change Background of This Blog!



Pasang Seperti Ini versi IKF
Kirimkan Ini lewat Email

Senin, 01 April 2013

Komunitas Linux Eropa Ajukan Tuntutan ke Microsoft karena Batasi Instalasi Linux pada Windows 8


Tak hanya permasalahan marketing yang harus dihadapi oleh Microsoft dalam menangani Windows 8. Kini, mereka juga harus bersiap-siap untuk menghadapi tuntutan hukum dari komunitas Linux di Eropa yang bernama Hispalinux.

Komunitas yang beranggotakan sebanyak 8000 lebih tersebut mengaku sangat keberatan dengan salah satu fitur yang ada pada Windows 8. Fitur tersebut adalah teknologi Secure BOot UEFI yang sangat menyulitkan pengguna menginstall sistem operasi lain, dalam hal ini adalah Linux.
Pengacara sekaligus kepala Hispalinux Jose Maria Lanco mengatakan bahwa teknologi Secure Boot adalah bukti de facto penjara teknologi untuk sistem booting komputer. Dia pun menyebut bahwa fitur tersebut membuat platform Windows milik Microsoft itu sebagai platform yang tidak netral.
Dia melanjutkan bahwa melakukan bypass Secure Boot dan menjalankan Linux pada Windows 8 sebenarnya bukan hal yang sulit bagi seorang programmer yang ahli. Namun lain halnya jika dilakukan oleh seorang programmer pemula. Dan hal tersebut dianggapnya sebagai sebuah langkah kemunduran di bidang industri software Eropa.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More